paket tour wisata | HUB 0817 765 000

10 tempat wisata favorit di bandung,destinasi wisata terbaik jawa timur,agen tour indonesia,agen tour karimun jawa terpercaya,agen tour murah di surabaya




5 Makanan Khas Derawan


1. Tehe-Tehe


Cemilan yang satu ini mungkin salah satu cemilan ekstrim bagi sebagian orang loh kaula muda. Terlihat dari tampilannya yang indah, makanan ini juga memiliki aroma yang menyerupai wangi pandan dan kelapa yang menyengat. Cemilan ini sangat cocok dinikmati di sore hari sembari memandangi terbenamnya matahari dari pulau ini. Biasanya cemilan ini dinikmati dengan campuran ketan, kelapa, dan gula putih untuk menambah cita rasa dari makanan ini.

2. Elai



Bagi kamu yang pecinta durian, saya rasa pasti menyukai makanan yang satu ini. Elasi merupakan salah satu jenis durian yang hanya tumbuh di wilayah Kalimantan. Dari luar memang bentuknya seperti durian pada umumnya. Hanya saja ketika Anda membelah makanan ini, Anda akan melihat isinya yang berwarna lebih oranye. Soal rasa Anda tidak boleh kesampingkan, karena rasa yang lebih manis dari biasanya dan tekstur yang selembut durian menjamin kamu bakal ketagihan!

3.Kulabutan

Pulau Derawan memang terkenal sebagai pulau yang sebagian besar makanannya dijemur. Sama halnya dengan makanan kulabutan. Jajanan yang bentuknya menyerupai cumi-cumi namun berukuran besar ini juga dikeringkan selayaknya beberapa makanan lainnya dari daerah ini.
Kulabutan ini biasanya disajikan di rumah makan, namun Anda juga bisa membeli makanan ini sebelum diolah. Harganya sekitar 100 ribuan, namun dirasa ini cukup sebanding dengan ukurannya yang cukup besar yang mungkin tidak dapat kamu makan sendirian.

4.Kima-Kima

Kima-kima merupakan salah satu jenis olahan laut yang cukup terkenal di Pulau Derawan. Ketika Anda pertama kali menginjakan kaki dan melewati beberapa rumah-rumah warga untuk menunju tempat wisata, Anda akan melihat jenis olahan laut ini.
Bentuknya seperti kerang laut yang dibuat dan diolah seperti ikan asin. Makanan ini juga dikeringkan terlebih dahulu selayaknya ikan asin. Untuk soal rasa itu tidak perlu dipertanyakan lagi. Makanan jajanan ini enak, tidak heran harganya yang tergolong mahal yaitu 50 ribu untuk 1 bungkus kima-kima yang beratnya sekitar 250 gram.
5.Ikan Asin Derawan



Ikan asin bukanlah makanan khas dari Pulau Derawan. Namun ketika Anda menyempatkan untuk berwisata ke pulau ini, Anda sudah sewajibnya untuk membeli ikan asin dari pulau ini.
Ketika pertama kali berkunjung ke pulau ini, Anda akan melihat banyak warga yang menjajakan ikan asin yang digantung di kios-kios pinggir jalan atau akses ke tempat wisata di sana. Ikan yang dijual juga merupakan ikan asli tangkapan nelayan Pulau Derawan, sehingga kamu tidak hanya menikmati kelezatan olahan ikan asin saja, melainkan membantu perekonomian warga pulau ini.


MASIH PENASARAN AKAN KULINER DERAWAN ?
YUK DAPATKAN PROMO SEPECIAL DERAWAN
HUBUNGI 081 7765 000 / 0822 33655 0000


Komentar

Postingan populer dari blog ini

backpacker murah ke labuan bajo | HUB 0817 765 000

paket tour bali lombok lengkap | HUB 0822 3365 5000

backpacker murah di bandung | HUB 0817 765 000