paket tour ke bromo murah | HUB 0822 3365 5000

UPACARA KASADA SUKU TENGGER YANG BERADA DI BROMO


Gambar terkait


Selain menyimpan keindahan tiada duanya, Bromo juga memiliki daya tarik budaya yakni "Upacara Kasada" sebagai persembahan sang Hyang Widhi dan para leluhur. Tak sedikitpun wisatawan yang datang ke Bromo untuk menyaksikan upacara ini. 

Upacara Kasada adalah Hari raya adat suku Tengger yang digelar setiap hari ke-14 di bulan Kasada dalam penanggalan Jawa . Dalam upacara Kasada,suku Tengger melempar aneka sesajen berupa sayuran,buah-buahan,hasil ternak bahkan uang ke kawah gunung Bromo. 

Hasil gambar untuk upacara kasada



  • SEJARAH UPACARA KASADA

Upacara Kasada sebenarnya sudah digelar sejak zaman kerajaan Majapahit. Suku Tengger sendiri diyakini merupakan keturunan Rara Anteng (putri Raja Majapahit) dan Jaka Seger (putra Brahmana), sehingga penggabungan dua nama tersebut menjadi asal mula nama suku ini. Asal mula upacara Kasada pun tak lepas dari kehidupan keluarga Rara Anteng dan Jaka Seger. Setelah bertahun-tahun menikah, mereka belum juga dikaruniai anak. Rara Anteng dan Jaka Seger kemudian memutuskan bertapa di Gunung Bromo memohon diberikan keturunan.
Di tengah pertaapaan tersebut, mereka mendapat petunjuk akan dikabulkan keinginan untuk memiliki keturunan dengan syarat anak bungsu mereka harus dikorbankan ke kawah Gunung Bromo. Pasangan ini menyetujui syarat tersebut dan dikaruniai 25 orang anak, dengan Kesuma sebagai si bungsu. Tahun demi tahun dilalui, kesediaan mereka mengorbankan anak bungsu ke kawah Gunung Bromo pun ditagih. Namun mereka tidak tega sehingga terjadi malapetaka dan membuat bumi gelap gulita.
Setelah tahu janji yang diucap kedua orang, Kesuma si anak bungsu pun bersedia dikorbankan demi menyelamatkan negeri sehingga dunia kembali tenang. Guna menghormati pengorbanan tersebut, warga Suku Tengger setiap tahunnya menggelar Upacara Kasada dengan melempar sesaji ke Kawah Bromo. Masyarakat Suku Tengger dikenal sangat taat kepada adat, tak heran Upacara Kasada ini tetap dilestarikan sampai sekarang. 
Upacara Kasada pun membawa banyak manfaat bagi masyarakat suku Tengger itu sendiri. Selain sebagai ajang meminta keselamatan, Upacara Kasada juga mampu menyedot atensi wisatawan untuk datang menyaksikannya.
Gambar terkait


Suku Tengger sendiri adalah pemeluk agama Hindu lama. Tidak seperti umat Hindu lainnya yang beribadah di candi-candi, Suku Tengger justru melakukan peribadatan di punden, danyang dan poten. Nah poten inilah yang menjadi tempat diselenggarakannya Upacara Kasada. Poten merupakan sebidang tanah di lautan pasir di kaki Gunung Bromo dan terdisi dari beberapa bangunan dan ditata dalam suatu komposisi.

Terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui warga Suku Tengger supaya Upacara Kasada ini berlangsung khikmad. Upacara Kasada dimulai dengan pengukuhan sesepuh Tengger. Lalu ada pula pagelaran sendratari yang mengisahkan kehidupan Rara Anteng dan Jaka Seger di Desa Ngadisari.

Upacara Kasada dilakukan Suku Tengger sebagai bentuk rasa syukur atas hasil ternak dan pertanian yang melimpah, memohon agar dijauhkan dari malapetaka, serta yang utama adalah sebagai peringatan pengorbanan Raden Kesuma, anak Jaka Seger dan Lara Anteng, penguasa Suku Tengger di zaman dulu.


Gambar terkait


Nah,itu sedikit pengetahuan tentang Budaya adat suku Tengger yang ada di Bromo yang biasanya banyak sekali wisatawan yang tertarik untuk menyaksikan Upacara adat tersebut. Nah.. buat kalian-kalian yang penasaran gimana keseruan pada saat upacara tersebut. kalian tidak usah bingung untuk bisa menuju kesanaa. NextG travel menjual paket wisata murah Bromo yang tidak sampai merogoh kantong kalian sekalilohh....


ayoo!! jadi tunggu apalagi nihh?? 
siapkan waktu liburanmu untuk mengunjungi Wisata Bromo ini yahhh.. 
Jangan khawatir, tidak usah bingung untuk mencari paket tour Bromo ini. NextG Travel lagi ada PROMO PAKET WISATA BROMO hanya dengan harga Rp.350.000/pax (min.6pax) kalian sudah bisa menikmati Indahnya Bromo inilohhhhhhhh!!!!!!
info lanjut? Cp : 0822 3365 5000



Komentar

Postingan populer dari blog ini

backpacker murah ke labuan bajo | HUB 0817 765 000

paket tour bali lombok lengkap | HUB 0822 3365 5000

backpacker murah di bandung | HUB 0817 765 000